Dendeng Balado Makanan Minang yang Tak Kalah Enaknya

Foto: bangka.sonora.id

Makanan Sumatera Barat tidak hanya dikenal dengan daging rendangnya, ada banyak menu hidangan yang tak kalah enaknya. Salah satu kuliner dari Minang ini yang wajib dicoba adalah dendeng balado.

Dendeng balado juga melalui proses yang panjang dalam pengolahnnya. Langkah awal yaitu menyiapkan daging sapi kemudian iris tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan kemudian digoreng kering. Setelah itu, goreng sampai kering. Rasa dendeng balado cenderung tidak terlalu pedas karena menggunakan cabai merah besar.

Dendeng balado bisa tahan beberapa hari asalkan penyimpanannya tepat. Sehingga menjadi pilihan makanan siap saji yang praktis.

Dendeng balado paling pas biasanya dimakan bersama nasi panas, minyak dari bumbu balado disiram pada bagian nasi sensasi pedas, potongan dagingnya yang empuk dan aromanya sangat menggoda. Dendeng diolah tanpa menggunakan bahan pengawet.

Manfaat dari dendeng yaitu per 100 gram daging kering mengandung sekitar 9,4 gram protein yang bisa memenuhi kebutuhan protein harian. Protein dalam dendeng kering akan terurai dalam usus dan menjadi asam amino yang dapat digunakan oleh tubuh untuk membangun jaringan sel tubuh dan enzim yang dapat berguna untuk semua fungsi anggota tubuh.

Facebook
Twitter
WhatsApp

Rekomendasi