Asal Usul Ayam Pop, Makanan yang Sering Disajikan di Rumah Makan Padang

Foto: id.theasianparent.com

Ayam pop merupakan salah satu hidangan favorit di rumah makan khas Sumatera Barat. Ayam gorengĀ  biasanya disajikan bersama daun singkong, kacang panjang rebus dan sambal.

Asal-usul ayam pop belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa sumber mengatakan bahwa hidangan ini berasal dari salah satu restoran di Bukittinggi yaitu Restoran Family Benteng Indah yang telah berdiri sejak 1963.

Pada awalnya restoran ini hanya menjual ayam goreng kering biasa. Pada saat itu pesanan mulai banyak, sang pemilik restoran merebus ayam dalam jumlah banyak dalam santan serta cincangan bawang putih lalu digoreng sebentar agar pelanggan tidak menunggu lama.

Hidangan ayam tersebut kemudian menjadi populer karena bentuknya yang berbeda dari ayam goreng pada umumnya dan memiliki aroma khas dari air kelapa dan rasa yang lebih gurih.

Hidangan ini kemudian menjadi makanan favorit warga keturunan Tionghoa di Bukittinggi kala itu karena ayam pop yang berwarna putih pucat terlihat mirip dengan ayam Hainan yang merupakan hidangan ayam rebus khas Tionghoa.

 

Facebook
Twitter
WhatsApp

Rekomendasi